UPV Test

UPV Test / Ultrasonic Pulse Velocity Test (UPVT)

Tujuan UPV Test

UPV Test /Ultrasonic Pulse Velocity Test( UPVT) merupakan sesuatu Percobaan Tidak Mengganggu atau Non Merusak Test( NDT) buat mengenali kualitas integritas batu dengan pendekatan berpanjang- panjang gelombang ultrasonic pada batu.

Ultrasonic Pulse Velocity Test( UPVT) bertugas bersumber pada pengukuran durasi tempuh gelombang ultrasonik yang merambat pada bentuk batu. Gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter yang ditempatkan dipermukaan batu lewat material batu mengarah receiver dengan durasi tempuh itu diukur oleh Read- Out Bagian Pundit Portable Bagian Non Destructive Indicator Uji coba dalam Meter detik.

Persyaratan Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

Kedua transducer bisa ditempatkan dengan cara Direct, Semi Direct atau Indirect. Sebab jarak antara kedua transducer ini sudah dikenal, hingga kecekatan gelombang ultrasonik dalam material batu bisa dihitung, ialah tebal batu dipecah dengan durasi tempuh.

Sebab kecekatan berpanjang- panjang gelombang merupakan ialah guna dari kepadatan material, hingga dengan diketahuinya kilat berpanjang- panjang gelombang ultrasonik di dalam batu, kecekatan itu bisa dikorelasikan pada angka kepadatan batu, setelah itu berikutnya dikorelasikan lagi buat memperoleh kualitas batu, bersumber pada diagram empiris ikatan kecekatan berpanjang- panjang gelombang dengan kualitas batu.

Tidak hanya pengukuran kualitas batu, UPVT bisa pula dipakai buat mengukur daya retak serta terdapatnya honeycomb pada batu.

Keseluruhan Perlengkapan UPVT

Program Studi Teknik Sipil Di Indonesia

Perlengkapan yang dipakai buat UPV Test terdiri dari:

– Satu buah read- out bagian pundit( portable bagian non destructive indicator uji coba).

– 2 buah transducer 54 hz( tiap- tiap selaku transmitter serta receiver).

– Satu buah calibration kafe dan kabel- kabel serta connector

Leave a Comment